Berita Kini

Minggu, 11 Februari 2018

TEKNOLOGI CPU D TAHUN 2018



Seperti yang kalian tahu, teknologi buatan manusia akan terus berkembang. Demikian pula dengan kecanggihan perangkat komputer yang juga terus mengikuti perkembangan teknologi elektronik. Komputer yang dulu berupa perangkat sebesar ruangan, kini berevolusi menjadi perangkat elektronik yang dapat digenggam tangan.
Di tahun 2018 nanti tentu banyak perusahaan teknologi khususnya dibidang komputasi yang akan mengeluarkan teknologi terbaru mereka. Tujuannya tidak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Dengan adanya teknologi komputer terbaru diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi saat bekerja, belajar, maupun untuk sarana hiburan.
Baca juga : Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2017

Berikut ini beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2018

Sistem Operasi

Ubuntu 18.04 LTS
Sesuai tradisi pada sistem operasi Ubuntu, bulan April dan Oktober setiap tahun selalu rilis versi terbaru. Khususnya pada tahun 2018 nanti di bulan April, Canonical sebagai pengembang Ubuntu kembali merilis sistem operasi Ubuntu terbaru yaitu 18.04 LTS. Versi kali ini merupakan seri LTS (Long Term Support) yaitu versi yang mendapatkan dukungan resmi selama lima tahun.
Pada sistem operasi Ubuntu 18.04 LTS ini rencananya akan kembali menggunakan lingkungan desktop GNOME 3. Beberapa seri terakhir, Ubuntu selalu menggunakan desktop environment Unity. Hal ini dikarenakan Ubuntu 18.04 LTS lebih difokuskan pada platformdesktopcloud computing, dan internet of things.

Windows 10 1803
Microsoft terus membenahi sistem operasi andalannya, Windows 10. Pada awal tahun 2018 nanti, Windows 10 akan mendapatkan update terbaru dengan nama kode Redstone 4. Kemungkinan, versi 1803 ini menjadi update utama terakhir yang menggunakan nama kode Redstone. Beberapa pembenahan yang disertakan dalam versi 1803 ini diantaranya yaitu pembenahan input, peningkatan kinerja booting dan gaming, serta optimalisasi pada beberapa aplikasi.

Program Aplikasi

Microsoft Office 2019
Siapa yang tak kenal dengan program aplikasi Microsoft Office ? Tahun pertengahan 2018 nanti, Microsoft bakal kembali merilis seri terbaru aplikasi kantoran ini yaitu Office 2019 dengan nama kode Office 17. Seri yang sedang dalam tahap pengembangan ini rencananya ditujukan untuk platform Windows 7 hingga Windows 10.
Fitur-fitur yang disertakan dalam Office 2019 diantaranya semua fitur Office 365, dukungan antarmuka pen stylus, fitur animasi, formula dan diagram baru.

Teknologi Mikroarsitektur

Arsitektur Intel Cannonlake
Perusahaan Intel akan menghadirkan teknologi arsitektur processor x86-64 terbaru dengan nama kode Cannonlake yang rencananya akan dirilis di tahun 2018. Arsitektur Cannonlake merupakan kelanjutan dari arsitektur Coffee Lake dan Kaby Lake yang telah lebih dulu dirilis tahun 2017. Dalam tahapan fabrikasi Intel, Cannonlake masuk dalam rencana eksekusi "Proses".



Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2018
Arsitektur Cannonlake 10 nm. Credit : techfrag.com
Karena masuk dalam rencana "Proses", arsitektur Cannonlake akan diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi yang jauh lebih kecil ketimbang arsitektur sebelumnya yakni 10 nm. Berbeda dengan Coffee Lake atau Kaby Lake yang masih diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm karena merupakan penyempurnaan dari arsitektur sebelumnya (Skylake). Namun, Cannonlake masih akan menggunakan soket processor yang sama dengan Coffee/Kaby Lake yaitu LGA 1151.
Cannonlake akan menggunakan chipset Intel seri 300. Processor Intel dengan arsitektur Cannonlake memiliki TDP (Thermal Design Power) hingga 95 W. Untuk perangkat mobile, Cannonlake membatasi TDP hingga 15 W. Beberapa fitur yang akan disertakan dalam arsitektur Cannonlake diantaranya
  • Instruksi AVX-512
  • GPU Intel generasi ke-10
  • USB 3.1 generasi ke-2
  • Dukungan Thunderbolt 3.0
  • Perangkat audio terintegrasi
Diperkirakan teknologi fabrikasi 10 nm merupakan batas terkecil dalam produksi semikonduktor yang menggunakan bahan materi silikon. Kedepan, Intel akan terus mengembangkan teknologi fabrikasi yang jauh lebih canggih dengan bahan yang berbeda.

Arsitektur AMD Zen 2 (Zen+)
Setelah sukses dengan seri processor Ryzen, AMD kembali akan menghadirkan teknologi arsitektur dengan nama kode Zen+ dan Zen 2. Salah satu fitur yang akan disertakan dalam arsitektur Zen 2 diantaranya peningkatan IPC (Instruction Per Core). Yang menarik dari AMD Zen 2 yaitu penggunaan teknologi manufaktur 7 nm. Arsitektur Zen 2 rencananya akan hadir di akhir tahun 2018. Sayangnya, processor yang menggunakan arsitektur ini kemungkinan baru dipasarkan pada 2019. 
Baca juga : Begini Spesifikasi AMD Ryzen, Processor Kencang Dengan Harga Murah!
Arsitektur Zen+ merupakan versi revisi dari arsitektur sebelumnya (Zen). AMD mengembangkan arsitektur ini dengan teknologi 12 nm. Processor yang menggunakan arsitektur ini diperkirakan meluncur ke pasaran pada pertengahan tahun 2018.

Arsitektur Nvidia Volta
Tahun 2018 besok, Nvidia sebagai salah satu pengembang teknologi GPU (Graphic Processor Unit) akan kembali merilis arsitektur GPU (Graphic Processing Unit) terbaru dengan nama kode Volta. Arsitektur ini rencananya akan diproduksi oleh perusahaan TSMC dengan teknologi manufaktur 12 nm.
Beberapa fitur yang akan disertakan dalam arsitektur Volta diantaranya
  • High Bandwidth Memory (HBM) 2
  • Dukungan NVLink 2.0
  • Tensor core

Teknologi Memori

Memori RAM DDR5
Meski memori RAM DDR4 belum terlalu banyak dipakai pengguna komputer, namun beberapa waktu mendatang akan hadir teknologi memori RAM terbaru yaitu DDR5. Rencananya, JEDEC sebagai badan standarisasi teknologi memori flash akan merilis spesifikasi memori RAM DDR5 di tahun 2018.



Teknologi Komputer Terbaru Yang Akan Hadir di 2018
Memori RAM. Credit : pixabay.com

RAM DDR5 akan menawarkan peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih baik ketimbang RAM DDR4. Teknologi DDR5 akan meningkatkan jumlah bandwidth memori RAM. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan kinerja komputasi pada platform serveratau client. Selain itu, DDR5 juga akan sangat efisien dalam konsumsi daya. Dengan kecanggihan teknologi manufaktur yang ada saat ini akan membuat DDR5 dapat mencapai kapasitas memori yang jauh lebih besar.
Baca juga : Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer

Memori VRAM GDDR6
Jika kalian mengenal VGA Card tentu akan tahu dengan VRAM (Video RAM). Saat ini, VRAM umumnya memiliki beberapa jenis memori yaitu GDDR3, GDDR5, GDDR5X, dan HBM (High Bandwidth Memory). Pada tahun 2018 nanti, beberapa produsen memori seperti Samsung, Micron, dan Hynix akan merilis memori grafis dengan teknologi baru yaitu GDDR6.
Baca juga : Cara Menghitung Bandwidth Memori Pada VGA Card Modern
Tidak jauh berbeda dengan teknologi DDR5, GDDR6 juga akan hadir dengan peningkatan kinerja dan efisiensi yang lebih baik. VRAM GDDR6 akan diproduksi dengan teknologi fabrikasi 21 nm sehingga mampu mencapai kapasitas 8 Gb atau 1 GB per chip. Bandwidthyang dihasilkan tiap chip mampu mencapai 16 Gbps. Konsumsi daya memori VRAM GDDR6 diperkirakan 10% lebih hemat ketimbang teknologi sebelumnya (GDDR5).
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2018. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, pasti akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian tentang teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys